Cara mangajar bahasa Inggris kepada anak
banyak cara yang dilakukan, tetapi yang terbaik untuk anak-anak adalah active learning through playing yaitu dengan kombinasi sound-music movement. dalam bentuk permainan, hal itu bisa mengambil bermacam-macam bentuk, mulai dari jalan-jalan seolah-olah anak berkeliling dunia, bermain peran drama, puzzle, menyanyi, menulis, menggambar, mewarnai, bercerita dan mengeksplorasi buku, dll.
Kegiatan kegiatan tersebut selain meningkatkan kemampuan fisik, mental dan emosi yang terpenting si anak tidak merasakan pelajaran bahasa inggris itu sebagai beban, tetapi sesuatu yang menyenangkan.
nah untuk mendukung pernyataan diatas, berikut adalah hal hal yang perlu diperhatikan dalambelajar bahasa inggris atau bahasa asing untuk anak ;
1. seseorang dapat mengingat sesuatu yang didengar, dirasa dan dilihat, karena di dalam tubuhnya terdapat bermilyar milyar sel otak. proses terjadinya ingatan ini dimulai sejak otak menangkap rangsangan yang penting dari lingkungan. kemudian diterima, disimpan, dan diingat kembali.
2. secara umum, perbaikan memori dapat dilakukan dengan dua cara. cara pertama, mengadakan latihan otak ( brain training ). kedua, meingkatkan kemampuan perhatian dan konsentrasi. ini dapat dilakukan dalam bentuk rajin membaca, mempelajari situasi di mana berada, latihan secara teratur dan sistemasi.
3. salah satu latihan tersebut kita ambil dari kata LUPA. L untuk latihan, U untuk ulangan, P untuk perhatian dan untuk asosiasi. kita harus melatih atau mengulang-ulang mengenai suatu hal. kemudian memberi lebih banyak perhatian pada suatu hal. perhatianlah yang sebenarnya merupakan pangkal dasar untuk tidak mudah lupa.
4. Lupa mempunyapi ikatan dengan emosi. kalau ada suatu kejadian yang mampu melibatkan emosi seseorang, ingatan itu akan lama tersimpan. karena itu, melatih anak anak berbahasa inggris dengan mengajak mereka jalan jalan berkeliling dunia akan menimbulkan pengalaman atau kenangan yang menyenangkan, sehingga akan lama tersimpan di memori otak mereka.
5. Lewat asosiasi, misalnya untuk mengingat sebuah HURUF A, A is for amber the angry ant theanimal park. pertama tama tama kita akan ulang nama HURUF itu, sehigga terekam di otak. lalu kita asosiasikan dengan mengingat nama seseorang yang diawali huruf A, sifatnya, kemiripannya, bertemunya diamana?
6. usahan agar dalam melatih bahasa inggris kepada anak hendaknya jangan dipaksakan agar tidak muncul penolakan karena emosi negatif. libatkan emosi senang, sehigga anak memiliki kesan mendalam yang sulit dilupakan oleh otaknya. Akhirnya tanpa disuruh pun akan senantiasa berlatih mengulang, memberi perhatian dan berasosiasi sendiri tentang bahasa inggris.
nah jika hal hal diatas sudah dirasa cukup, maka kita praktekan satu persatu tentunya dibarengi kesabaran adalah hal pokok juga kita perhatikan, seperti pada point ke 6 agar semuanya lancar tanpa ada paksaan sehigga timbul kesan senang dan ingin mengulang tanpa disuruh atau dipaksakan.
semoga artikel tentang cara mengajar bahasa inggris kepada anak ini dapat menambah wawasan anda dalam rangka meningkatkan kemampuan anak anak kita, akhirnya saya ucapkan selamat berjuang dan belatih semoga sukses
3. salah satu latihan tersebut kita ambil dari kata LUPA. L untuk latihan, U untuk ulangan, P untuk perhatian dan untuk asosiasi. kita harus melatih atau mengulang-ulang mengenai suatu hal. kemudian memberi lebih banyak perhatian pada suatu hal. perhatianlah yang sebenarnya merupakan pangkal dasar untuk tidak mudah lupa.
4. Lupa mempunyapi ikatan dengan emosi. kalau ada suatu kejadian yang mampu melibatkan emosi seseorang, ingatan itu akan lama tersimpan. karena itu, melatih anak anak berbahasa inggris dengan mengajak mereka jalan jalan berkeliling dunia akan menimbulkan pengalaman atau kenangan yang menyenangkan, sehingga akan lama tersimpan di memori otak mereka.
5. Lewat asosiasi, misalnya untuk mengingat sebuah HURUF A, A is for amber the angry ant theanimal park. pertama tama tama kita akan ulang nama HURUF itu, sehigga terekam di otak. lalu kita asosiasikan dengan mengingat nama seseorang yang diawali huruf A, sifatnya, kemiripannya, bertemunya diamana?
6. usahan agar dalam melatih bahasa inggris kepada anak hendaknya jangan dipaksakan agar tidak muncul penolakan karena emosi negatif. libatkan emosi senang, sehigga anak memiliki kesan mendalam yang sulit dilupakan oleh otaknya. Akhirnya tanpa disuruh pun akan senantiasa berlatih mengulang, memberi perhatian dan berasosiasi sendiri tentang bahasa inggris.
nah jika hal hal diatas sudah dirasa cukup, maka kita praktekan satu persatu tentunya dibarengi kesabaran adalah hal pokok juga kita perhatikan, seperti pada point ke 6 agar semuanya lancar tanpa ada paksaan sehigga timbul kesan senang dan ingin mengulang tanpa disuruh atau dipaksakan.
semoga artikel tentang cara mengajar bahasa inggris kepada anak ini dapat menambah wawasan anda dalam rangka meningkatkan kemampuan anak anak kita, akhirnya saya ucapkan selamat berjuang dan belatih semoga sukses
No comments:
Post a Comment