Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, May 27, 2013

Cara Efektif Mengajar Bahasa Inggris

Cara Efektif Mengajar Bahasa Inggris.Mengajar bahasa Inggris itu gampang-gampang susah. Namun, jika sudah tahu cara yang benar dan terstruktur pasti akan bisa lebih percaya diri saat mengajar.
Artikel ini Prattama share untuk temen-temen sesama mahasiswa yang ingin mengetahui cara yang efektif untuk mengajar bahasa inggris, khususnya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris yang ingin melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Tentunya sebagai calon guru yang belum pernah masuk ke lingkunga pendidikan formal, memerlukan banyak informasi dan tips seputar cara efektif mengajar bahasa inggris.
Berikut Cara Efektif Mengajar Bahasa Inggris :
Persiapan
  1. Kita harus mempelajari kurikulum dan silabus pelajaran bahasa inggris, dan catat tujuan pembelajaran yang tercantum dalam silabus bahasa inggris tersebut.
  2. Setiap kali akan mengajar, buat sebuah rencana pembelajaran.
  3. Kemudian buat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara Sistematis.
  4. Persiapkan juga media belajar, akan lebih menarik disertai gambar.
Kegiatan Dalam Kelas
  1. Berilah pemanasan setiap mengawali pelajaran, seperti menggunakan game yang berhubungan dengan materi agar menumbuhkan motivasi dalam belajar.
  2. Usahakan siswa mengerjakan tugas secara berkelompok ataupun teman sebangku. Ini dimasudkan agar mengurangi tingkat stress anak-anak.
  3. Berilah instruksi yang jelas dan sederhana.
  4. Kurangi berbicara dan menjelaskan terlalu banyak. Berilah tugas ataupun mengajak siswa untuk mengucapkan bahasa inggris bersama-sama.
  5. Monitor seluruh kegiatan siswa, jika ada siswa yang terlihat kesulitan agar bisa dibantu.
  6. Berilah kesimpulan di akhir pertemuan.
Sekian artikel Cara Efektif Mengajar Bahasa Inggris

No comments:

Post a Comment